Tuesday, May 21, 2013

Jurusan Bekasi-Bogor


Jadi ceritanya.......langsung ke topic masalah aja kali ya?ga perlu kan gue certain tentang kehiatan di rumah gue yang bikin gue betah di urmah terus?hehe.
Sekilas info aja, kenapa gue sekarang betah di rumah salah satunya ya karena tiap hari dimasakin ibu. Masakan ibu tau sendirilah ga ada duanya. Ditambah bapak selalu nyediain es krim di kulkas. Gimana gue ga betah kan?hahaha
Lanjut cerita nih.
Dari judul di atas udah kebayang kenapa judulnya jurusan bekasi-bogor?
Ya kenapa gue gue disini kasih judul itu karena judul itu yang paling tepapt menggambarkan apa yang terjadi di bus bekasi bogor kemarin tepatnya pas gue balik dari bekasi ke bogor.
Kemarin sempet uring-uringan juga sebelum pulang ke bogor. Males banget mungkin ditambah dengan sugesti jenuh yang terus-trusan dari kapan tau di semester ini yang terngiang-ngiang di pikiran gue.
Oke jadi ceritanya kemarin pas pulang naik bis ke bogor gue sebangku sama bapak-bapak kisaran umur 65 tahun lah, mungkin sepantasnya gue panggil dengan “Kek”. Orangnya sederhana banget Cuma pake baju koko dan peci, berjenggot putih dan bawa satu tas kecil hitam.
 Seperti keadaan normal lazimnya ketika lo sebangku  pasti ada unsure tanya-tanya basa-basi lah antar penumpang. Nah bapak ini yang pertama kali nanya gue, pas banget bis gue mau masuk gerbang tol.
 Bapak ini nanya mau kemana  sama gue karena emang jurusan bis ini ga cuma ke bogor tapi transit dulu di ps.rebo. emang pada saat itu juga gue ga mau langsung ke bogor karena ditunggu seseorang yang mau anter gue ke bogor. Jadilah gue harus transit ke ps rebo dulu.
Udah ngobrol-ngobrol banyak ternyata bapak ini juga ngajar di IPB. Tepatnya jadi dosen pembimbing dan udah dari tahun 87 kalo ga salah dia ngajar di kampus gue jurusan HPT. Orangnya tuh humble banget kaya sama cucu sendiri aja ngobrol sama gue nya. Dia cerita banyak dari mulai dulu dia kuliah S1 di UGM sampe S3 di US. Dan gue terkesima banget pas dengerin dia cerita. Nah pas adegan bayar uang bis dia ga ada secengan yaudah gue bayarinlah ya ketimbang seceng kapan lagi gue bisa bayarin bapak-bapak yang udah baik banget mau cerita pengalaman hidupnya sama gue mahasiswa yang ogah-ogahan masuk kuliah :////
Sepanjang dia cerita jujur aja gue ngerasa kok jadi anak muda ga bermanfaat banget. Dia aja dateng jauh-jauh dari kebumen buat belajar di jogja gitu bisa sampe dapet beasiswa ke Amerika kalo bukan karena beliau rajin apalagi coba?
Nah pas udah mau sampe ps rebo dia nanya suka baca gak de? Gue jawab suka sih pak tapi baca novel-novel palingan heheehe gue jawab sambil cengengesan. Gitu dia tiba-tiba nyodorin dua buah buka agama ke gue, kata dia nih buat kamu siapa tau bermanfaat apalagi buat anak muda jaman sekarang..
Gue bingug antara seneng dan gatau mesti apa kan. Gue Cuma bilang buat saya pak?makasih banyak ya pak. J dan akhirnya gue turun karena udah sampe pasar rebo.
Kesimpulan yang bisa gue petik dari percakapan yang singkat sama bapak tadi itu adalah ketika lo ngerasa bisa bermanfaat buat orang lain lo ga perlu menjadi terlalu pintar karena biasanya ketika kita terlalu pintar itu akan mendekatkan dengan kesombongan secara langsung maupun tidak. Banyak hal yang bisa kita lakukan ketika kita cukup pintar. Karena orang yang cukup pintar akan tau cara memposisikan dirinya dimana dan seperti apa. Dia juga ngajarin gue bahwa di dunia ini apapun yang lo mau kejar ya kejar. Katanya nanti gue juga bakal tahu ada satu kunci di hidup yang akan menjadi misteri dan hanya beberapa orang yang bisa merasakan bahwa keberhasilan itu ga Cuma karena kita di cap sebagai mahasiswa pintar. Disana banyak tangan-tangan yang tak terlihat bekerja. Mungkin ungkapan ini mirip istilah invisible hand si Smith kali yah hehe. Beliau sih ga berpesan apa-apa mungkin hanya gue yang sok tau dan berusaha menyimpulkan aja sih. Gue percaya aja kenapa tuhan menyiptakan kita karena kita tentunya bisa bermanfaat bukan Cuma buat diri kita sendiri aja tapi untuk seluruh orang di sekeliling kita atau mungkin sampe orang di seluruh dunia. Buktikan bahwa kita bsia jadi ciptaan tuhan yang paling mulia walaupun mungkin belum pada detik ini tapi berusahalah karena ketika kita berusaha dan berdoa bukan hanya kita saja yang merasakan tapi tentunya banyak orang yang mendoakan.
Satu kata terakhir dari tulisan kali ini yaitu HAMDALAH, kerna udah dipertemukan dengan tidak sengaja dengan bapak-bapak yang ga sempet tau nama beliaupun siapa tapi kisah hidup nya seta pengalamannya semoga bisa dijadikan pelajaran buat kita semua. J

No comments:

Post a Comment